Categories
Artikel Terbaru

Mengenal Lebih Dekat Aplikasi Berbasis Web

Salah satu jenis aplikasi banyak dipakai oleh para pengguna internet adalah aplikasi berbasis web atau web-based application. Keberadaan aplikasi jenis ini sangat penting bagi banyak orang. Karena dapat memudahkan dalam berkegiatan di dunia maya. Aplikasi ini kerap dibuat oleh jasa pembuatan aplikasi web untuk berbagai macam kepentingan.

Di artikel ini kami akan menjelaskan berbagai macam hal mengenai aplikasi berbasis web ini. Kami akan menjelaskan mengenai pengertian, pengguna, jenis-jenis aplikasi web, dan informasi lainnya. Sehingga Anda dapat memahami dan mengetahui berbagai hal yang ada di aplikasi ini. Dan dapat memanfaatkan aplikasi web untuk keperluan pribadi atau orang banyak.

Pengertian Aplikasi Berbasis Web

Aplikasi web merupakan aplikasi yang dalam pengembangannya memakai bahasa program seperti HTML, PHP, CSS, dan JS.  Aplikasi ini memerlukan web server dan browser seperti Chrome, Firefox, Opera, dll gara dapat menjalankannya. Aplikasi ini tidak memerlukan penginstalan agar bisa digunakan karena program yang ada di dalamnya sudah disimpan di web server.

Aplikasi berbasis web mudah diakses dan juga tidak membutuhkan sumber daya besar dalam hal kebutuhan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Semua orang pun bisa memanfaatkan aplikasi ini. Jadi tidak mengherankan jika banyak perusahaan, LSM atau NGO, atau instansi pemerintahan yang memakai jasa pembuatan aplikasi web untuk memudahkan kinerja mereka.

Pengguna Aplikasi Web

Bagi sebuah perusahaan atau korporasi, keberadaan aplikasi web dapat menjadi nilai tambah bagi perusahaan. Mereka bisa memberikan berbagai macam informasi mengenai produk atau jasa yang mereka miliki. Keberadaan aplikasi ini akan memudahkan mereka menjual jasa atau produk ke pelanggan. Selain itu bisa menjadi sarana untuk melakukan promosi secara digital sehingga akan mendatangkan banyak pembeli atau konsumen.

Aplikasi web juga digunakan oleh instansi pemerintahan. Mereka memanfaatkan web sebagai sumber informasi bagi masyarakat umum. Aplikasi ini juga kerap digunakan sebagai pusat data (database) untuk menyimpan berbagai macam informasi mengenai banyak hal. Bisa juga dipakai untuk memudahkan masyarakat untuk mengurus surat-surat perizinan.

Selain korporasi dan instansi pemerintahan, LSM atau NGO juga banyak yang memakai aplikasi web. Hampir sama dengan instansi pemerintahan, mereka memanfaatkan aplikasi web untuk menyimpan data. Selain itu juga untuk memberikan informasi kepada banyak orang tentang kampanye-kampanye mereka. Sehingga masyarakat umum dapat mengetahuinya dan tertarik untuk bergabung.

Jenis-jenis Jasa Pembuatan Aplikasi Web

Seperti penjelasan di atas, aplikasi web sudah digunakan oleh banyak orang pengguna internet. Bisa dikatakan aplikasi ini kerap dipakai dalam kehidupan sehari-hari kita.  Namun banyak orang yang tidak menyadarinya. Berikut ini beberapa contoh jenis-jenis aplikasi web yang kerap ditemui dalam keseharian kita:

  1. Aplikasi web media sosial

Tanpa kita sadari, website platform media sosial yang kerap kita pakai sehari-hari merupakan aplikasi berbasis web. Situs sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram. dll merupakan contoh aplikasi web yang dimanfaatkan sebagai media jejaring sosial. Namun perlu Anda ingat, bahwa aplikasi yang Anda unduh di Google Store atau App Store melalui ponsel pintar, tablet atau jam pintar bukan aplikasi web.

  • Aplikasi web berbasis sistem informasi

Aplikasi berbasis web selanjutnya adalah aplikasi sistem informasi. Aplikasi ini akan menyimpan data pengguna secara terpusat dan sistematis. Tujuan utamanya adalah untuk membantu mengatur segala macam informasi dan daya yang sudah tersimpan di dalam web dapat diakses dengan mudah dan cepat oleh semua orang.

Sistem di aplikasi ini juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dari penggunanya di bidang mereka masing-masing. Contoh dari aplikasi ini adalah SIAKAD (Sistem Informasi Akademik), sistem informasi koperasi, sistem manajemen rumah sakit, dan masih banyak lagi.

  • Aplikasi web jual beli (e-commerce)

Beberapa tahun belakangan, hadirnya banyak marketplace membuat banyak perusahaan e-commerce yang menghubungi jasa pembuatan aplikasi web untuk membuatkan aplikasi web untuk perusahaan mereka. Ya, situs toko online yang kerap Anda buka merupakan salah satu jenis aplikasi berbasis web.

Di dalam aplikasi jenis ini akan terdapat berbagai macam fitur seperti add-to-cart, search bar, online payment, check-out, dll. Semua fitur tersebut dibuat untuk memudahkan mereka yang berkunjung dapat mencari atau membeli barang dengan mudah dan cepat. Contoh aplikasi web jual beli antara lain: Shopee, Bukalapak, Tokopedia, BliBli, Lazada, dan masih banyak lagi.

  • Aplikasi web pencarian

Anda pasti kerap mencari informasi di mesin atau web pencari. Ternyata web pencarian tersebut merupakan salah satu contoh dari aplikasi berbasis web. Google, Bing, Yahoo, dan lainnya adalah contoh dari Search Engine atau mesin pencari yang kerap digunakan oleh para pengguna internet untuk mencari berbagai macam informasi.

  • Aplikasi web informasi dan berita

Aplikasi berbasis web juga dapat digunakan sebagai media untuk menampilkan informasi dan berita terbaru. Berita dan informasi yang ditampilkan dapat berupa berita lokal, nasional dan internasional.  Contoh dari aplikasi web berita dalam negeri yaitu: detik.com, kompas.com, tempo.co, kaskus.co.id, dan masih banyak lagi.

  • Aplikasi web browser

Selanjutnya ada aplikasi web browser. Browser sendiri merupakan sebuah software atau perangkat lunak yang digunakan untuk membuka serta menjalankan halaman atau situs sebuah situs. Contoh dari aplikasi jenis ini adalah Google Chrome, Safari, Opera, Mozilla Firefox, UC Browser, dan masih banyak lagi browser yang diciptakan oleh jasa pembuatan aplikasi web.

Kelebihan Aplikasi Berbasis Web

Aplikasi berbasis web memiliki kelebihan yang sangat berguna bagi para penggunanya, Kelebihan tersebut antara lain:

  • Aplikasi web dapat diakses di berbagai macam perangkat mobile (smartphone, tablet, smartwatch) serta desktop (komputer atau PC).
  • Untuk menjalankan sebuah website tidak memerlukan spesifikasi yang besar.
  • Bisa dijalankan diberbagai macam sistem operasi seperti Mac, Windows, Linux, dan lain-lain.
  • Tidak membutuhkan lisensi dalam hal penggunaan website.
  • Bisa dilihat dan ditampilkan kapanpun dan dimanapun selama terhubung dengan jaringan internet.

Kekurangan Aplikasi Berbasis Web

Selain kelebihan, aplikasi berbasis web juga memiliki berbagai kelemahan. Berikut kelemahan dari aplikasi ini:

  • Untuk membuka atau mengaksesnya diperlukan jaringan internet yang stabil. Sehingga website dapat menampilkan gambar dan teks secara sempurna.
  • Aplikasi ini sangat rentan untuk terkena virus, malware, iklan. atau trash dari internet. Sehingga diperlukan sistem keamanan jaringan yang baik dari browser dan juga penggunanya.
  • Aplikasi ini juga dapat diretas oleh mereka yang tidak bertanggung jawab.

Dari penjelasan kelebihan dan kekurangan di atas maka selalu waspada saat menggunakan aplikasi berbasis web. Pastikan bahwa komputer atau gadget Anda memiliki sistem keamanan yang baik. Sehingga tidak mudah terkena virus, malware atau hal-hal yang merugikan lainnya. Demikian penjelasan kami mengenai aplikasi berbasis web. Jika Anda tertarik untuk membuatnya bisa menghubungi jasa pembuatan aplikasi web. Pastikan Anda memakai jasa yang berpengalaman dan juga terpercaya serta profesional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *