Categories
Artikel Terbaru

Apa itu Developer Aplikasi Android? Berikut Penjelasannya

Di dalam dunia teknologi informatika terdapat berbagai macam jasa atau perusahaan yang memuat dan mengembangkan aplikasi berbasis seluler atau mobile. Terdapat berbagai macam developer mulai dari developer iOS, Android dan web. Salah satu developer atau pengembang aplikasi terbesar adalah jasa pembuatan aplikasi Android.

Semakin banyak orang yang memakai perangkat seluler seperti ponsel cerdas, tablet dan jam tangan cerdas dan kebanyakan memakai sistem operasi Android. Hal itu membuat semakin banyak orang untuk menciptakan berbagai macam aplikasi. Tentunya mereka membutuhkan perusahaan atau orang yang bisa membuat dan mengembangkan aplikasi berbasis Android yang sesuai dengan keinginan klien.

Pengertian Developer Aplikasi Android

Developer aplikasi Android adalah jasa atau perusahaan yang membangun serta mengembangkan perangkat lunak berbasis mobile dengan memakai sistem operasi Android. Sehingga aplikasi tersebut dapat digunakan di perangkat seluler berbasis Android. Selain itu jasa ini juga kerap diminta untuk memelihara dan memperbarui aplikasi yang sudah ada.

Agar bisa membangun sebuah aplikasi tentunya sebuah pengembang aplikasi Android harus memiliki berbagai macam kemampuan. Salah satu kemampuan yang wajib dimiliki adalah bisa menguasai berbagai macam bahasa pemrograman seperti: JavaScript, C/C++, APIs, XML. Android Studio, Android SDK, dll.

Tugas Jasa Pembuatan Aplikasi Android

Sebagai perusahaan atau jasa yang membuat aplikasi berbasis Android, tentu terdapat tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan. Berikut tugas dari jasa ini:

  1. Mampu membuat dan merancang aplikasi Android di perangkat seluler

Sebagai developer Android tentu saja tugas utamanya adalah mampu mebangun serta merancang berbagai aplikasi bebasis Android bagi klien. Sebuah pengembang Android dituntut mampu menginterpretasikan keinginan klien melalui aplikasi yang akan dibuat.

  • Bisa bekerjasama dengan tim

Untuk mengembangkan sebuah aplikasi tentu tidak bisa dilakukan sendirian. Diperlukan kerjasama dengan divisi lainnya seperti manajer proyek dan system analyst. Komunikasi yang baik menjadi kunci agar proyek pembuatan aplikasi dapat berjalan dengan baik.

  • Mampu mengatasi berbagai masalah atau kendala pada aplikasi Android

Jasa pembuatan aplikasi Android harus bisa mengatasi semua kendala atau permasalahan dalam sistem yang ada di aplikasi Android. Sehingga saat aplikasinya diserahkan ke klien tidak ada masalah fatal kedepannya.

  • Bisa menerapkan sumber data eksternal dan API

 Pengembang aplikasi Android harus mendapatkan, meneliti dan menganalisis data-data yang didapatkannya untuk melakukan perancangan aplikasi. Sehingga diperlukan kemampuan untuk mengimplementasikan data-data yang ada ke dalam proyek.

  • Memiliki berbagai ide, konsep dan terobosan mengenai pengembanga software

Perkembangan teknologi sangat cepat sehingga menuntut developer aplikasi untuk selalu update terhadap informasi terbaru. Selalu ada perubahan baik di fitur, tampilan dan konten yang harus dipahami oleh jasa ini. Sehingga nantinya dapat memberikan berbagai macam ide, terobosan dan konsep dalam proses pembuatan aplikasi.

Skill yang diperlukan

Untuk menjadi seorang developer Android pastinya tidak mudah. Diperlukan berbagai macam skill dan keahlian agar bisa menghasilkan aplikasi terbaik. Berikut ini skill yang dibutuhkan sebagai pengembang aplikasi Android:

  1. Menguasai dan memahami berbagai macam tools

Kemampuan dasar yang harus dimiliki untuk mengembangkan aplikasi Android adalah kemampuan menguasai aneka macam tools. Tools yang harus dikuasai seperti Eclipse, Android Studio, Android SDK, dan lainnya.

  • Menguasai berbagai macam bahasa pemrograman

Tentu untuk membuat aplikasi diperlukan bahasa pemrograman seperti Java, C#, C++, Kotlin, JavaScript, Dart, dll. Hal ini sangat penting karena merupakan pondasi untuk membuat sebuah aplikasi berbasis Android.

  • Bisa bekerja secara remote dengan REST dan JSON

Dunia teknologi informasi tidak terbatas tempat serta waktu. Sehingga suatu proyek dapat dilakukan tanpa harus bertemu langsung dengan klien atau rekan kerja. Agar dapat bekerja secara remote perlu untuk menguasai REST dan JSON. Selain itu juga dapat menggunakan tool seperti GIT untuk tahap pengembangan lebih lanjut.

  • Mempunyai kemampuan mengenai arsitektur, kerangka kerja serta tren terbaru

Sebuah jasa pembuatan aplikasi Android harus memiliki kemampuan dan pemahaman mengenai arsitektur, kerangka kerja serta tren teknologi terbaru. Sehingga dapat menghasilkan aplikasi yang tidak ketinggalan zaman.

  • Bisa bekerja menggunakan API

Application Programming Interface (API) sangat penting perannya dalam pembuatan sebuah aplikasi. Jadi diperlukan pengembang Android yang paham akan perangkat lunak ini. Karena dengan menggunakan API penyajian data dapat dilakukan dengan cepat, efisien serta real-time.

  • Memahami tampilan desain UI/UX pada aplikasi

Untuk menghasilkan sebuah aplikasi yang disukai banyak orang wajib memperhatikan User Interface/User Experience (UI/UX). Dengan begitu tampilan aplikasi akan lebih menarik dan berbobot serta sesuai dengan keinginan dari klien.

Langkah-langkah pembuatan aplikasi Android

Kemudahan teknologi membuat banyak orang bisa membuat aplikasi berbasis Android. Untuk membuat sebuah aplikasi Android yang layak tentu diperlukan keahlian khusus. Berikut beberapa langkah dalam pembuatan aplikasi ini, antara lain:

  1. Buat konsep. Tentukan konsep dari aplikasi Android yang ingin dibuat. Konsep tersebut harus sesuai dengan keinginan dari klien atau atasan.
  2. Cari informasi mengenai kebutuhan yang diperlukan oleh konsumen. Fitur apa saja yang mereka butuhkan.
  3. Buat perencanaan secara detail dan lengkap. Catat perencanaan tersebut di buku atau gadget Anda.
  4. Ketika sudah mengetahui fitur yang ingin dipakai, lakukan pengecekan ulang untuk menemukan hal-hal yang dirasa kurang atau tidak dibutuhkan.
  5. Buat desain aplikasi yang sesuai dengan keinginan klien atau manajer proyek.

Keuntungan bekerja sebagai developer aplikasi Android

Seorang developer atau jasa pembuatan aplikasi Android dianggap memiliki karir yang bagus. Terdapat berbagai keuntungan jika berkarir di bidang ini, yaitu:

  • Banyak perusahaan atau agensi di bidang teknologi informasi baik di dalam maupun di luar negeri yang memerlukan orang yang mampu membangun aplikasi Android.
  • Gaji yang diberikan menjanjikan. Berdasarkan sumber dari internet rata-rata gaji seorang developer Android mencapai Rp.5-6 juta perbulan. 
  • Tersedia berbagai pilihan profesi di dunia Android seperti Mobile Architect, Android Engineer, Mobile App Developer, Android Mobile Developer, Mobile Developer, Mobile Lead Software Engineer, dan Mobile Embedded Software Engineer.
  • Sistem operasi Android semakin berkembang. Mayoritas pengguna perangkat seluler di Indonesia adalah Android sehingga dapat dipastikan banyak pihak yang membutuhkan jasa ini.
  • Terdapat berbagai tantangan dalam dunia Android. Sistem operasi ini selalu berkembang yang mana akan memberikan berbagai tantangan bagi setiap pembuat aplikasi Android untuk berlomba-lomba menciptakan aplikasi terbaik.
  • Bisa bekerja secara remote yang mana tidak terpaku harus datang ke kantor pada jam 9 pagi hingga 5 sore.
  • Memiliki kesempatan untuk berkarir yang sangat luas.

Demikian informasi mengenai developer atau jasa pembuatan aplikasi Android. Masih banyak informasi yang belum kami tuangkan dalam artikel ini. Namun kami berharap semoga informasi di atas dapat berguna dan bermanfaat untuk Anda yang sudah membacanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *